Thursday 19 April 2012

Bagaimana Menjadi Pemimpin Yang Baik

Menjadi seorang pemimpin, baik di dalam keluarga, masyarakat maupun di kantor bukanlah suatu jabatan yang mudah. Namun demikian jika kita mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, tak perlu takut dan ragu untuk menerimanya.

Tidak hanya kaum pria, wanita pun mampu menjadi pemimpin yang baik. Sebagai seorang pemimpin Anda diibaratkan memelihara bunga. Bunga itu ibarat karyawan atau bawahan Anda. Pupuk dan siramilah agar mereka terus berkembang. Apabila mereka tidak berkembang, anda wajib membimbingnya secara teratur agar mereka tetap tumbuh.

Untuk menjadi atasan yang baik ada 4 hal penting yang harus Anda miliki agar sukses dalam memimpin bawahan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menjadi pemimpin yang disegani dan dihormati serta bawahan. Berikut 4 hal yang harus dimiliki tersebut :
  • ENERGY, Orang yang malas tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik, seorang pemimpin harus bisa memberi contoh kepada bawahannya tentang arti sebuah tugas. Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal, harus dilakukan kerja keras yang optimal pula. Untuk itu jika Anda menjadi pemimpin, maka Anda harus memiliki ENERGY yang cukup, agar dapat melakukan apa saja dengan lancar. Dengan energi yang cukup, kita bekerja dengan lancar, tidak cepat menyerah dan gigih berjuang. Tak selamanya apa yang kita kerjakan itu akan berjalan dengan mudah dan mulus tanpa hambatan.Anda harus mengajarkan kepada bawahan agar selalu optimis dengan segala sesuatu yang dilakukan. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat terwujud.
  • ENERGIZER,  Menjadi pemimpin yang baik tidak cukup hanya memiliki energi, tapi juga harus bisa menjadi ENERGIZER bagi karyawan . Maksudnya Anda harus bisa memberi semangat atau energy kepada bawahan.. Percuma bila Anda bersemangat untuk memajukan perusahaan, sementara karyawan tidak memilikinya. Kerjasama yang baik antara bawahan dan atasan merupakan hal yang penting dalam memajukan perusahaan. Untuk itu Anda harus mampu membangkitkan semangat para karyawan agar mau bekerja dengan giat, sehingga mendapatkan hasil atau tujuan bagi Perusahaan, bagi Anda, dan bagi karyawan itu sendiri.
  • EDGE , Jangan pernah menunda pekerjaan yang ada di depan mata, apalagi menunda dalam mengambil keputusan.Maksudnya ketika Anda dihadapkan kepada persoalan yang kritis atau berisiko, maka ambillah keputusan dengan cepat dan tepat. Keputusan yang tegas "Ya" atau "Tidak" menjadi sangat penting. Jangan pernah bermain-main dengan kata "mungkin", atau berkata "lihat saja nanti". Anda harus berani mengambil risiko.Bila ternyata keputusan Anda salah, Anda bisa memperbaikinya. Yang pasti jangan pernah takut akan kesalahan, sehingga Anda berhenti dan terombang-ambing, teruskan saja sampai selesai.
  • EXECUTE, Anda harus terus berjalan, Anda punya energi, Anda cepat mengambil keputusan, tetapi Anda juga harus mengEXECUTE atau menjalankan rencana yang sudah ditetapkan. Rencana yang sudah dibuat harus direalisasikan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Anda harus berani mengambil tindakan selanjutnya setelah keputusan diambil. Semoga hasilnya nanti sesuai dengan rencana dan keputusan yang telah diambil.
Selamat menjadi pemimpin yang baik!





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment