Saturday 14 March 2015

Kantor Pos Konsisten Terapkan Sikap Kerja 5S

Sikap Kerja 5R yang diadopsi dari Jepang (5S yakni Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu. Sitsuke) sudah lama diterapkan di berbagai Perusahaan di Indonesia. Demikian juga halnya dengan Pos Indonesia, telah mengadakan revolusi mental dan fisik di jajaran seluruh kantor pos di Indonesia.

Dari segi tampilan fisik, kantor pos sudah satu dekade ini berubah. Dulu, dikenal dengan bangunan kumuh dan terbelakang, sekarang Kantor Pos tampil modis, dinamis, modern dan tentu saja cantik dari hari ke hari. Anda akan menemukan petugas frontliner yang lebih cantik dari karya wati perusahaan lain hehehe. Tidak percaya? Buktikan! Ayo ke kantor pos. 

Lalu, apa saja komponen dari 5R tersebut. Baiklah, kita tidak bicara tentang 5S versi Jepangnya. Langsung saja kita bahas dengan singkat ya :
  1. RINGKAS, adalah upaya menyingkirkan barang-barang atau arsip yang tidak digunakan lagi. Buang atau sisihkan jauh dari tempat kita bekerja. Gunannya tentu saja agar tidak mengganggu proses pelaksanaan pekerjaan dan ruang kerja terasa lebih lapang.
  2. RAPI, artinya simpan barang-barang atau peralatan kerja pada tempat yang telah ditentukan. Bila perlu ditandai dengan memberi petunjuk atau label. Kelompok kan dalam barang-barang sejenis agar mudah ditemukan.
  3. RESIK. Bersihkan tempat kerja dari debu, noda, minyak, kotoran, air, dan tidak ada sampah. Kebersihan agar menjamin kenyamanan kerja dan mempertahankan semangat sampai akhir.
  4. RAWAT, yakni menggunakan peralatan sesuai dengan keperluannya. Beri indeks terhadap aset dan peralatan kerja dan lakukan pemeriksaan berkala terhadap seluruh aspek peralatan dan ruang kerja apakah sudah ringkas, rapi dan resik.
  5. RAJIN, yakni disiplin melakukan ke 4 langkah di atas secara kontinu atau berkelanjutan.
Nah, itulah gambaran atau penjelasan singkat sikap kerja 5 R di Kantor Pos. Anda bisa menerapkan di rumah atau kantor Anda. Selamat ber 5R ria.....!


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment